Terang Bulan

Kata “terang bulan” akhir-akhir ini sangat ngtrend di media masa seperti televisi, surat kabar, dan tentu di internet. pada layanan Facebook apalagi…
Terang Bulan berarti terangnya sinar bulan. dalam bahasa jawa dikatakan sebagai “padang mbulan“.
Jadi ingat ceramah para simbah di saat terang bulan yang terjadi biasanya setiap tanggal lima belas pada sistem penanggalan tahun Hijriah dan penanggalan Jawa. Di mana penanggalan berdasarkan rotasi bulan.
Kata-kata tentang “terang bulan” menjadi ngetrend setelah ada berita tentang lagu kebangsaan negara tetangga yang nada lagunya sangat mirip dengan nada lagu yang berjudul terang bulan. Terlepas dari benar atau tidaknya plagiat tersebut. Saya hanya jadi tersenyum sendiri.
Ternyata ada juga kue yang di namakan dengan “terang bulan”. Di sebuah kota di jawa tengah. Kue terang bulan sangatlah ngetrend. Dan ternyata kue terang bulan tidak jauh beda dengan martabak manis ala bandung atau martabak bangka yang terkenal enak dan cukup bergisi tinggi. Biasanya dibuat dengan adonan terigu dicampur telur, gula pasir. Di isi dengan coklat mesis, keju, kadang dicampur dengan kacang dan pisang. Bila anda suka ada juga yang disisipkan ketan hitam serta parutan kelapa.
Terang Bulan…. biasanya muda-mudi sangat senang dengan terang bulan purnama. Dimana emosi , gejolak dan rasa bercampur baur seirama dengan naiknya kadar air dalam otak.
Bersamaan dengan dengan naiknya air laut menuju daratan yang dianamakan pasang…..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *