Saya tidak tahu semuanya, saya hanya percaya

Kata-kata di atas ada dalam kalimat yang diucapkan oleh Oracle dalam film matrix. Ya…. Sangat menarik ungkapan tersebut, sebab ternyata secara tidak sadar itulah pedoman saya selama ini. “Percaya” , “Trust”
Saya jadi teringat waktu saya mengajari seorang teman saya yang sekarang ini menjadi seorang blogger. Pada awalnya ia ragu dengan cerita bahwa dengan menulis di blog secara konsisten dapat menghasilkan uang. Apalagi jika tulisan artikel di tulis dalam bahasa asing, khususnya bahasa inggris. Agak sulit menjelaskan pada orang-orang tertentu bahwa semua hasil karya. Baik karya tulisan ataupun karya foto, design, music atau apapun yang bertujuan untuk membuat hidup lebih indah dan lebih mudah memiliki harga.

Jika saya amati ada dua perbedaan mendasar dalam karya seseorang di dunia ini. Kita ambil contoh perbedaan antara orang Eksak/Teknik dengan Orang Sosial.
Bila kita amati ternyata bidang eksak akan dapat membuat hidup manusia menjadi lebih mudah. Contohnya kita lebih mudah berkomunikasi karena handphone yang diciptakan oleh orang-orang teknik. Contoh lain misalnya, kendaraan bermotor diciptakan untuk mempermudah kita pergi ke suatu tempat dengan cepat dan hemat energi.
Sedangkan bidang social dapat membuat hidup orang menjadi lebih indah. Indah karena ada puisi, film, lagu, management ekonomi dan sebagainya.

Coba bayangkan jika hubungan antara kedua bidang ini harmonis. Selain hidup kita menjadi lebih mudah. Kita juga merasa akan bahagia dengan indahnya kehidupan.

Kembali dengan internet. Blog/Website sebagai wadah untuk mengungkapkan siapa diri kita dan hasil karya kita kepada orang lain. Terkadang kita tidak menyadari potensi pada diri kita. Ternyata karya kita banyak yang mengagumi dan menggemarinya. Namun kita juga menjadi tidak takabur dan sombong. Sebab di dunia ini banyak orang yang lebih pandai dari kita. Lihat di internet begitu banyak karya yang bertebaran dalam berbagai bentuk.
Saya memang tidak tahu semua hal bidang dan baru sedikit sekali mengetahui lika-liku bisnis di internet. Tapi saya percaya. Bahwa jika kita membuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain dalam bentuk tulisan, gambar, design, photo atau apapun dan kita publikasikan serta kita “sharing” kepada orang lain, maka hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang sia-sia. Dan bahkan dapat menjadi asset dan uang dikemudian hari.

Akhirnya dengan modal kepercayaan teman tadi, dia memulai membuat blog. Dan dalam waktu dua bulan berselang dia sudah merasakan nikmatnya menerima rupiah di rekening banknya. Bisa hidup dengan menulis dan berkarya dari kamar 3×4 kos-kosan di kota Yogyakarta. Good Luck Jack ! and Ayo My brother kita berkarya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *