Mengapa Laskar Pelangi menjadi cepat populer dan terkenal

Ada pertanyaan besar di kepala saya. Mengapa sebuah novel yang berjudul “Laskar Pelangi” begitu cepat terkenal. Walaupun hal ini sudah terkesan basi. Dan tidak hot lagi dibanding dengan eksekusi pelaku “BOM BALI” namun tetap menjadi pertanyaan besar di kepala saya. Sepertinya keterkekangan di masa orde baru menjadi sebuah komiditas yang sangat manjur untuk di populerkan pada jaman reformasi dan pemerintahan sekarang ini.Terus terang saya belum melihat film laskar pelangi dengan lengkap hanya slide iklan dan reviewnya saja. Membaca novelnya hanya sekilas dengan cepat. Namun ternyata film itu benar-benar banyak pengemarnya. Sampai-sampai di facebook ada link para pengemar laskar pelangi.
Menurut saya kemungkinan besar adalah karena masyarakat kita sudah bosan dengan sinetron yang lebih sering berisi orang-orang high klass, perselingkuhan, anak tiri, persaingan tidak sehat, dan konflik harta benda antara pewaris tahta serta perebutan antara si miskin dan si kaya.
Tidak mudah memang menulis sebuah novel,karangan, dan tulisan yang bermutu. Menulis blog ini saja saya sudah setengah mati. Saya jadi ingat seorang teman yang dahulu menyarankan saya untuk menulis. Cara dia adalah menulislah dan jangan berhenti. pokoknya menulis.
Terlepas dari isi cerita novel Laskar Pelangi tersebut, membuat saya jadi bersemangat untuk menulis. Siapa tahu nanti bisa terkenal. ( maunya sich). Atau setidak-tidaknya bisa membuat sesuatu yang berguna untuk orang banyak. Selain bisa menambah income dompet hehe..
Setahu saya komisi dari pengarang cerita masih berkisaran diantara sepuluh persen dari harga buku. Bayangkan saja bila kita bisa menjual buku/novel karangan kita yang berharga sepuluh ribu rupiah saja. Berarti seribu rupiah di kali sekian. Kalau terjual sejuta kopi. wow…. seribu dikalikan sejuta…
Semangat..semangat… semangat menjadi laskar…. Penulis…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *