Mencari Pekerjaan itu mudah, yang susah mencari uang

Ada seorang teman yang bertanya kepada saya. Ada pekerjaan atau tidak? Banyak jawab saya. Dalam hati saya berpikir, sebab teman saya ini tergolong orang yang sangat mampu dari segi finansial. Orang tuanya termasuk berkecukupan, dan investasi dia yang mungkin sudah puluhan juga. Kenapa masih mencari pekerjaan? pikir saya.
Setelah bicara panjang lebar akhirnya ada kesimpulan bahwa teman saya ini membutuhkan pekerjaan untuk aktualisasi diri. Malu katanya, terlihat nganggur. Hebat juga pikir saya. Andai saja, banyak orang di negeri kita ini yang seperti teman saya ini. Membutuhkan pekerjaan untuk aktualisasi diri. Nah, ini yang menjadi pemikiran saya. Banyak orang sudah mampu secara finansial. Namun masih mencari kerja saja untuk memperkaya diri. Sedangkan di negeri barat orang-orang kaya dan pandai menggunakan uangnya untuk aktualisasi diri, penelitian dan membuat sesuatu yang sangat dibutuhkan orang lain dan masyarakat. Saya sendiri memiliki pekerjaan banyak, yang tebengkalai. Mulai dari maintenance beberapa website, membereskan rumah, mengajar, dan beberapa pekerjaan lain yang masih berorientasi pada uang.
Kadang saya bermimpi kapan saatnya saya bebas secara financial dan dapat membuat sesuatu yang berguna untuk orang lain dan masyarakat. Mungkin melakukan penelitian, ikut LSM sosial non profit, atau ikut dalam kegiatan kelembagaan dan agama.
Wow, ternyata banyak sekali pekerjaan di negeri ini. Mulai dari membersihkan sampah di sungai untuk menghindari banjir, sampai dengan melakukan penelitian dalam membuat produk yang buatan dalam negeri untuk membangun bangsa ini. Sangat disayangkan banyak orang pintar yang masih berkutat pada riset dan penelitian yan berorientasi pada uang. kegiatan mereka masih pada tujuan memenuhi kebutuhan rumah tangga dan perut.
Tidak dapat dipungkiri bahwa mencari pekerjaan itu mudah, yang sulit adalah mencari uang. Yach uang.. sebab banyak pekerjaan yang susah, rumit dan membutuhkan intelegen tinggi namun hanya menghasilkan uang sedikit. Sampai-sampai kegiatan saya blogging juga berorientasi pada uang.

Akhirnya, saya simpulkan pada teman saya. Coba cari pekerjaan yang kamu benar-banar suka. Dan pekerjaan itu bisa menunjukkan kualitas sebagai orang yang baik dan berguna. Sempat terpikir oleh saya menganjurkan untuk menjadi anggota Partai yang sangat banyak macam dan jenisnya. Namun, tidak sepat saya lontarkan.. Takut nanti dia berorietasi pada politic yang ujung-ujungnya uang juga. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *