Menata Jakarta melalui Website

Sebuah ide yang patut kita hargai dan acungi jempol. Ide menata Jakarta melalui website adalah proyek dari Dinas Tata Kota Jakarta yang terus dibangun untuk mengatur tata tuang Ibu Kota Negara Indonesia. Mungkin banyak yang tidak mengerti apakah efektif proyek ini dengan pengguna internet di Indonesia yang masih minim. Bila survei 25 juta pengguna internet di seluruh Indonesia. (berapa kira-kira pengguna internet yang berada di jakarta yang penduduknya berkisar Sepuluhan juta). Secara jangka panjang akan efektif berjalan sesuai dengan jumlah pengguna internet yang semakin bertambah sejalan dengan biaya koneksi internet yang semakin murah.

Gambaran secara Makro, Semi Macro dan Detail Gambar rencana tata kota DKI dapat anda lihat pada website http://tatakota.jakarta.go.id ini. Website ini banyak menggunakan aplikasi Flash Macromedia dan Gambar (image) yang cukup besar. Dapat dimaklumi karena berisi peta wilayah DeJaBoTaBek yang interaktif  menyajikan detail gambar daerah dan wilayah yang berada di Jakarta. Website ini menurut Dinas tata kota sendiri baru launching Bulan September yang lalu dan masih terus dikembangkan agar dapat lebih interaktif.

Menurut saya bila ditambahkan forum tanya jawab sebagai media interaktif akan lebih baik. Serta detail posisi lokasi dan tempat dapat dicari sampai pada kecamatan dan kelurahan. Sehingga pengunjung dapat searching dengan mudah sesuai dengan wilayah yang ingin diketahui. Akan sangat bagus, namun mungkin sangat susah dalam pembuatan aplikasinya.Andai saja posisi dapat tepat diketahui menggunakan fasilitas posisi koordinat GPS (Global Position System). Saya tidak tahu seberapa sulitnya bila bekerja sama dengan fasilitas BlackBerry yang dapat menggunakan GPS dengan Base Antena GPRS yang dapat mengetahui posisi kita.

Ide saya sederhana. Misal kita bawa GPS kita ke tempat/tanah/lahan yang akan kita beli dan kita lihat koordinat Lintang dan Bujur. Kita ketikkan pada kolom search (seperti pada google map) langsung tertuju pada posisi kita saat ini. Dan hal tersebut terintegrasi dengan Peta Tata Ruang Jakarta. Wow pasti keren…
Jadi kita tinggal menuju lokasi tempat yang akan kita beli/tempati. Lihat posisi koordinat kita. Buka Laptop, ketik koordinat di www.tatakota.jakarta.go.id dan kita langsung menuju peta tata ruang Ibukota. Aman.. beli deh..

Saya mencoba surving pada website tersebut terasa berat. Bisa jadi karena terlalu banyak gambar dan flash tadi, Atau mungkin koneksi internet saya yang menggunakan fasilitas Indosat IM2 (Paket Unlimited Broom) sudah sampai pada batas limit.

Secara Garis besar saya nilai website ini bagus untuk mengetahui posisi tanah dan aset kita. Apakah masuk jalur hijau, jalur merah atau jalur yang tidak sesuai dengan rencana Kota Jakarta.Setidaknya bila anda ingin membeli rumah, membuat toko, berbisnis dan beraktifitas di jakarta dapat mengunjungi website tata kota ini sebelum melakukan transaksi. Banyak kejadian aset yang terbeli ternyata tidak sesuai dengan peruntukannya dalam tata ruang Propinsi DKI Jakarta.
Memang masih banyak masyarakat Jakarta yang belum melek internet. Namun setidaknya kita semua yang sering menggunakan internet di kantor atau untuk keperluan bisnis anda, dapat memberikan informasi ini kepada teman,saudara, rekanan dan kerabat yang ingin mendapatkan informasi tentang Tata RUang Propinsi DKI Jakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *