Jika anda baru lulus sebagai sarjana saat ini. Berapa gaji yang anda minta?

Pertanyaan tentang penghasilan dan gaji sering diutarakan kepada saya oleh lulusan sarjana yang baru saja wisuda. Mereka sering tidak mengerti dan tidak tahu berapa harga yang akan mereka sodorkan kepada HRD sebuah perusahaan yang akan menerima mereka.
Saya sendiri bingung juga. Sebab tidak ada harga yang pasti untuk sarjana di negeri ini. Mendapatkan pekerjaan yang baik, layak dan bergaji besar sering berdasarkan keberuntungan dan nasib.
Namun bila kita ingin kembali kepada Sang Sarjana tadi. Ada beberapa hal yang sering menganggu pikiran saya.

  • Pertama, Sebagai sarjana, Anda ( begitu saya menyebut pencari kerja bergelar sarjana tadi) merasa mampu atau tidak untuk bekerja sesuai dengan disiplin ilmu anda.

  • Kedua, Anda termasuk mahasiswa yang bagaimana sewaktu kuliah. ( sering bolos kuliah, hanya main-main saja mencari teman dan sekedar lulus, atau serius belajar dan benar-benar paham dengan ilmu yang dipelajari).

  • Ketiga, Ada atau tidak, lowongan yang sesuai dengan ilmu pengetahuan anda.

  • Keempat, Pernahkah berpikir untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri.

  • Kelima, Berapa kebutuhan financial anda dalam sebulan, sebab kebutuhan masing-masing orang berbeda.

  • Keenam, Apakah bekerja hanya sebagai status di masyarakat. Sebab tanpa bekerja pun kebutuhan financial anda sudah terpenuhi oleh orang tua yang kaya raya tujuh turunan.

  • Ketujuh, Apa hoby anda? Sebab banyak orang yang bekerja ditempat yang mereka tidak suka. Terpaksa bekerja karena tidak ada pilihan lain.

Akhirnya.. Saya simpulkan.. tidak ada harga standar untuk gaji seorang lulusan sarjana. Baik itu dari universitas ternama sekalipun. Semua tergantung rejeki masing-masing. Perusahaan masing-masing dan kebutuhan hidup masing-masing orang.

Sebab kata seorang trainer ASTRA yang dahulu pernah mentraining saya. “Hidup itu adalah antara jual dan beli”
Jadi jika anda mematok sepuluh juta untuk Gaji seorang Fresh Graduate. Sah-sah saja.
Jika Pembeli mau dan Penjual setuju. Antara HRD dan Sarjana tadi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *