Jatuh bangunnya sebuah bisnis internet

Namanya juga bisnis. Kadang untung, sering rugi. Ah, tidak juga yang benar Terkadang rugi, sering beruntung. Itu lebih baik. Sebab sebuah bisnis yang sering rugi sebaiknya ditinggalkan. Selain sayang modalnya, juga dikarenakan waktu yang habis untuk memikirkan bisnis yang sering merugi. daripada rugi semakin besar lebih baik ditutup saja. Ganti dengn bisnis lain.

Bermain-main dengan bisnis di internet sama juga dalam bisnis konvensional. Kepandaian mengolah website dan promosi product yang dijual sangat penting untuk diperhatikan.

Beberapa waktu lalu beberapa domain saya drop Page Ranking-nya dan yang lebih parah adalah ada dua yang hilang dari search engine google.  Terpaksa mengubah haluan dari bisnis berdasarkan PR menuju bisnis berdasarkan traffic. Bagi orang awam mungkin membingungkan kata-kata di atas. Namun bagi para pemain bisnis di intenet tentu paham dengan istilah traffic dan PR tersebut.

Karena saya juga termasukbelum pandai maka mulai lagi belajar tentang SEO. Itulah bisnis. Terrkadang ada pasang surutnya. Namun jika kita rajin dan telaten merawat bisnis kita tentu pendapatan minimal untuk membiayai fix cost domain dan hosting pasti tercapai. Syukur-syukur dapur tetap ngebul dengan standar minimal kita.

Bila tidak… siap-siap untuk mengubah haluan dalam bisnis. Sebagai saran.. jangan ikut trend. Menciptakan bisnis sendiri dan memulai dengan bijaksana tentu akan lebih menguntungkan di masa depan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *