Google bukan semata-mata mencari uang

Sebuah ide yang sangat bagus di internet adalah membuat sebuah website yang sangat berguna untuk orang banyak. Selain memberikan informasi terbaru dan dibutuhkan oleh orang banyak, sebuah website harus memiliki sebuah fitur yang membuat orang senang berlama-lama di website tersebut.
Bila kita melihat perjalanan google yang sukses dengan mesin pencarinya, ada sebuah ide dasar yang patut di contoh. Larry Page dan Sergey Brin sang pendiri dan penemu mesin google mengalami penolakan saat mencoba menjual search enginenya ke perusahaan seperti altavista yang saat itu berjaya. Jawaban pemilik perusahaan tersebut dikarenakan mereka sudah memiliki sebuah mesin searchengine dan menilai search engine tidak menguntungkan secara keuangan.
Karena pendiri google yakin dan mempunyai tujuan tulus untuk memberikan kemudahan orang lain dalam mencari informasi, mereka tidak patah semangat. Dan akhirnya memutuskan untuk membuat perusahaan sendiri.
Tujuan mereka bukan komersial. Namun semata-mata ingin menjadikan mesin mereka untuk membantu banyak orang yang mencari informasi di internet.
Sampai pada saatnya ada ide dari teman-teman mereka untuk mengkomersialkan mesin google mereka. Pada awalnya mereka menolak. Sebab mereka membuat mesin tersebut semata-mata untuk ilmu pengetahuan dan untuk membantu orang lain dalam mencari data di internet.
Namun setelah mereka di sadarkan bahwa sebuah research dan penelitian membutuhkan dana. Mereka akhirnya bisa menerima ide untuk memasang iklan di mesin pencari mereka. Kolaborasi mereka dengan Adsense dan system kompetisi Page Rank telah membawa mereka menjadi seorang milyader.
Inti dari semua itu yang patut kita contoh adalah cita-cita luhur mereka untuk mengumpulkan orang-orang pintar dan gemar akan alogaritma komputer serta berbuat suatu kebaikan untuk orang banyak. Walau sudah kaya raya, pendiri google masih hidup sederhana dan tetap terus melalukan penelitian. Konsep pendidikan tetap diterapkan. Tidak percuma orang tua mereka yang Professor mendidik mereka untuk konsentrasi di bidang ilmu pengetahuan.

Bila kita rajin dan serius dengan bidang kita. Serta bertujuan mulia membantu orang lain. Ternyata rejeki datang dengan sendirinya. Bagaimana dengan kita?
Apakah semata-mata berinternet untuk mencari uang? Atau ada suatu misi yang akan memajukan masyarakat Indonesia. Memang sulit. Sampai saat inipun saya belum ketemu sesuatu hal yang bisa digunakan oleh orang banyak dan berguna untuk dunia internet.
Kerja keras, penelitian dan ide-ide baru harus terus di cari. Mari kita semangat mencari dan memajukan negeri kita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *