Building your company first, just it !

Judulnya bahasa inggris. Dan mungkin ejaannya salah. Maklum sedang malas berpikir. Intinya Building First-lah.

Hampir semua pengusaha yang sudah mapan sekarang ini melalui perjalanan yang panjang. Mereka pada umumnya membangun bisnisnya mulai dari kecil sampai besar secara berlahan. Tidak termasuk pengusaha yang dapat warisan dari orang tua atau kakek buyutnya lho!.. Sebab banyak pengusaha yang kelihatannya sukses ternyata ada backup dibelakang dan tidak memulai dari nol. Benar-Benar Nol. Tidak mengalami pengumpulan modal dengan bekerja pada orang lain dahulu. Modal bagaikan hibah yang pertanggung-jawabannya masih lunak. Sangat lunak, sebab bila gagal dan hilang masih di “maafkan”.

Pengusaha Sukses sering berkata demikian. ” Membangun Usaha itu tidak sulit” yang susah adalah mempertahankannya dan memperbesar serta melebarkan sayap.

Weleh.. tidak sulit bagaimana… itu yang ada dipikiranku malam ini jam dua malam lagi.. hehe…

Tadi siang Customer Service Sebuah Bank terkenal di negara kita Indonesia, penasaran dengan check kiriman dari negara paman sam USA yang saya cairkan. Dia bertanya dengan cukup serius bagaimana mendapatkan check sebesar itu dari negara yang sangat jauh. Kata teman-teman kalau ke Amerika seperti berjalan separuh bumi.. 🙂 wow. naik pesawat tentunya.

Pusing jawabnya.. Aku jawab saja itu gaji dari kerjaan yang telah aku selesaikan untuk teman di sana. Eh,.. dia semakin penasaran dan bertanya. Mas blogger ya… ah bukan juga jarang nulis kok, berarti programmer, ah bukan juga. Wong pengetahuan buat program masih pas-pasan. Terus apa dong… Tukang install aku bilang… hehe…

Akhirnya tidak tega juga. Dan berhubung jam bank sudah selesai. Pada siap-siap mau pulang aku jelaskan sedikit pada mereka. Begini… intinya… saya punya toko di internet dan jualan di sana. saya dapat komisi dari setiap penjualan. Dan komisi itu dikumpulkan setiap bulan dan diuangkan dalam bentuk check. Mengerti?

Belum..

Begini dech.. Anda tahu tidak kenapa artis-artis televisi pada kaya. Padahal Kita sekarang tidak pernah iuran televisi.

Iklan kata dia.. Betul Iklan… Nah begitu juga dengan internet.

Semakin bagus blog/website anda dan semakin banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia. Terutama negara-negara bermata uang dollar. Semakin besar kemungkinan mereka mau memasang iklan di website anda. Tarik saja bayaran setinggi-tingginya sesuai dengan Popularitas Blog Anda.

O.. I see .. kata dia.. Berarti seperti koran atau majalah ya… That is Right!

Berarti website/blog kita harus bagus dong… Yup. Itu yang susah.

Untuk setup/install blog/website anda bisa membayar orang dengan modal yang anda punya. Nah untuk isinya silahkan pikirkan dan bangunlah sendiri. hehehe… yang susah tuch ngisinya supaya banyak dikunjungi orang…Apalagi bila target marketnya Dollar. Minimum must in english oi…

Jadi coba bangun dari awal lah. Or Building First lah. Bila anda bukan programmer. Tulis saja pengalaman anda, ilmu anda, ide anda atau apapun. Jadikan artikel yang bermanfaat untuk orang lain dan diinginkan banyak orang. Kumpulankan dalam file dan show up your article on internet. Bisa dalam bentuk blog, website, atau menggunakan fasilitas blogging via sosial bookmarking. Sambil berdoa semoga toko anda banyak dikunjungi orang. Dan mereka tidak hanya sekedar melihat-lihat lalu pergi. Tapi bersedia mengeluarkan recehan untuk membeli produk yang anda tawarkan, atau memasang iklan di tempat anda…

Ya githulah kira-kira Cara membangun Bisnis di Internet. Dan di sana Membangunnya Susah, Mempertahankannya Rumit, serta melebarkan sayapnya Cukup Susah dan membutuhkan Kerajinan dan ketekunan serta konsistensi.

OK. Selamat Sore mbak… teman-teman sudah pada pulang lho… hehehehe……

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *