Belajar duduk adalah awal dari belajar komputer.

Mampukah anda duduk di belakang meja anda selama minimal dua jam tanpa berdiri.
Bila anda bisa melakukan itu, sebuah langkah yang sangat baik untuk belajar komputer.

Tulisan ini dimaksudkan untuk para pemula, terutama orang dewasa yang memiliki pendidikan cukup untuk memulai belajar komputer. Dari pengalaman saya mengajari orang untuk belajar komputer selalu saja terbentur masalah dasar.

Mereka yang kesulitan dalam memahami komputer tidak dapat duduk dan menghadap monitor selama lebih dari dua jam sehari. Daya kreatifitas rendah, ketakutan terhadap kerusakan komputer dan ketidakmampuan untuk berbahasa inggris.

Daya kreatif yang rendah di sini di artikan, kemauan untuk memahami dan mencoba belajar sendiri secara autodidak untuk mengetahui fungsi-fungi toolsbar dan cara dasar dalam pengoperasian program software komputer. Serta malas membaca panduan dari buku maupun fungsi help pada software.

Ketakutan diartikan sebagai ketakutan akan membuat program komputer menjadi rusak, hang, atau ketakutan untuk mencoba fungsi/toolsbar di dalam software yang digunakan.

Untuk bangsa Indonesia, kemampuan bahasa inggris masih sering menjadi masalah dasar dalam belajar komputer.

Belajar duduk dan mencoba menjadi arti yang sangat penting di sini. Biasanya ketika terjadi kebingungan dalam pengoperasian software, para pemula yang keinginan belajar komputer setengah hati, kesulitan untuk meneruskan. Kehabisan ide harus apa, dan tidak berpikir untuk mencari panduan. Kadang fungsi help pada software sangat membantu proses belajar komputer, tidak digunakan. Bila ada keinginan , terbentur pada masalah bahasa inggris.

Kira-kira begitulah.. Bila ingin bisa komputer, internet dan berselancar di dunia maya..
Belajarlah untuk duduk dan mencoba software di komputer anda tanpa rasa takut.
Bila hang/rusak.. buka buku panduan dan help sebelum memutuskan bertanya pada seseorang yang lebih ahli. Sebab, tidak selamanya ada orang lain di sisi anda.
Jangan harap anda akan menjadi ahli komputer bila tidak bisa duduk di depan komputer selama lebih dari dua jam sehariā€¦.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *