Antara dunia maya dan dunia gaib

Dahulu sebelum internet menjadi sebuah jaringan komunikasi bebas dan masis terbatas pada kalangan militer saja, dunia maya identik dengan dunia yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menembus dunia maya tersebut. Orang-orang tersebut sering disebut Para normal.Istilah bagi orang yang memang tidak lumrah atau normal. Dapat dikatakan sebagai orang yang tidak normal karena dapat melihat dunia maya yang transendent dan sulit untuk dimengerti oleh orang biasa. Sebuah kemampuan khusus.
Namun saat ini dunia tersebut lebih ngetrend di sebut sebagai dunia gaib.
Saat ini dunia maya identik dengan internet. Jika kita berbicara internet, sebenarnya pada awal publikasi internet hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengakses dunia maya internet itu. Internet pada awalnya hanya bisa dijangkau dan dipergunakan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan khusus di bidang komputer. Kita tentunya masih ingat jaman komputer masih berupa barang dan alat yang mahal. Bentuknya besar dan mahal. Serta diperlukan pengetahuan khusus untuk mengoperasikan CTRL dan Command pada layar hitam komputer atau blue screen yang tampil di monitor. Kita tentunya juga ingat setelah Bill Gate dengan windowsnya dan cita-cita luhurnya untuk menjadikan komputer sebuah alat yang saat ini sangat “User Friendly“. “Anda duduk satu jam disebelah saya, maka anda dapat menggunakan komputer untuk membantu dan mempercepat pekerjaan anda. Apapun bidang anda, dan apapun basic pendidikan anda. Anda dapat menggunakan Kompuetr sebagai alat bantu. “Computer just a tools”. Ya, benar. Komputer adalah alat. Jika anda mau belajar sedikit saja untuk mengoperasikan mesin hitung tersebut (pada awalnya komputer adalah mesin hitung, berasal dari kata computation). Anda akan tahu bahwa pengetahuan ini akan sangat membantu pekerjaan anda.
Internet sebagai dunia maya yang dapat kita akses menggunakan komputer sangat berguna jika kita memanfaatkannya dengan benar. Kita bisa berkomunikasi dengan teman-teman kita melalui komunikasi YM (yahoo messenger), IM, Gtalk dan lainnya. Dapat juga berkirim surat melalui e-mail (elektronik mail). Dan ternyata anda juga bisa berbisnis di internet. Bekerja melalui intenet serata menghasilkan uang melalui media internet tersebut.
Sering teman-teman bertanya kepada saya. ” Berapa pendapatanmu (gaji kamu dari intenet)?”
Menurut saya pertanyaan tersebut sama dengan sebuah pertanyaan “Apakah dunia gaib itu benar-benar ada? Apakah tuyul itu benar-banar ada dan bisa menghasilkan uang?”.

Bagaimana relevansi kedua pertanyaan tersebut? Begini kira-kira penjelasannya.
Yang satu bertanya tentang kebenaran keberadaan uang di internet. Yang satu lagi bertanya tentang tuyul yang bisa menghasilkan uang (terlepas dari pedoman agama antara haram atau halal).
Inti jawaban tersebut adalah…
Jika anda ingin tahu sesuatu, belajarlah dan masuklah ke dalam, maka anda akan tahu.
Bahwa di internet ada uang. Dan kita bisa mendapatkan uang dari sana, mendapatkan pekerjaan dari sana dan anda akan tahu berapa kemungkinan uang yang kita dapat dari bidang internet ini. Sederhana logika yang saya pakai sewaktu memulai bisnis dan bekerja di internet. Google dan yahoo tentunya sangat banyak uangnya. Sebab banyak karyawannya.
Mungkin suatu saat www.masboni.net 🙂 juga memiliki karyawan dan banyak juga uangnya.
Mungkinkah? Saya kira mungkin saja. Yang jadi permasalahan adalah Bagaimana caranya? So sebaiknya jika anda bertanya kepada seseorang yang bekerja dan berbisnis di internet, pertanyaan yang sangat relevan adalah seperti ini contohnya.
– Bagaimana caranya saya bisa bekerja via internet?
– Bidang saya ..bla..bla.bla.. munkinkah mendapatkan uang dari internet?
– Apa materi atau program yang cocok untuk saya, jika saya ingin berbisnis di internet?
– Berapa dan apa saja modal untuk dapat berbisnis di internet?
SO… bukannya bertanya “berapa penghasilan kamu sebulan dari intenet?”
Sebab kamu tidak tahu bahwa penghasilan bersih seorang tukang bakso yang hanya 100ribu perhari, sama dengan 2 juta rupiah dalam 20 hari.

Dan akhir kata hidup adalah pilihan. Percaya atau tidak.. dunia maya dan dunia gaib itu ada.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *