Cara bekerja cari uang di internet

mencari uangBekerja dan mencari uang melalui internet beberapa hari ini mendominasi pikiran saya. Teman-teman banyak yang bertanya dan minta di ajarkan cara mencari uang di internet. Banyak pertanyaan yang muncul dari mereka. Akhirnya saya putuskan untuk menulis tulisan “cari uang” dari internet ini.

Sebenarnya bila kita rajin membaca dan mencari, banyak sekali tutorial cara mencari uang di internet. Berbagai macam bentuk dan ragamnya. Inti dari semuanya tetap bekerja keras dan membuat “sesuatu” sehingga menghasilkan uang. Metode bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan dan selera kita. Hobby atau kegemaran dalam bidang tertentu dapat menunjang perjalanan menuju income dari internet.

Bagaimana memulai bisnis internet dan menghasilkan uang?

Pertanyaan yang muncul ini biasanya saya jawab dengan mengulang kata-kata guru saya. “Permulaan selalu sulit” atau “Memulai sesuatu yang baru selalu menyakitkan”. Analogi yang beliau ajarkan selalu dengan mengulang ingatan kita. Coba bayangkan, saat pertama kali kamu belajar jalan. “Wah tidak ingat”. Pasti itu jawaban kita. Karena saya melihat anak saya mulai berjalan di umur satu tahun dua bulan. Pasti tidak ingat. Kemudian dilanjutkan dengan pernah belajar bersepeda.”Pernah”. Sulitkan? Ya susah dan sakit bila terjatuh. Dilanjutkan juga dengan perjalanan kita dalam belajar menulis. Saya ingat waktu itu saya termasuk yang susah dalam menulis huruf. Namun sekarang saya sudah bisa menulis dan membaca. Walaupun tulisan saya saat ini tetap jelek. Namun beruntung masih bisa terbaca. Dan sekarang lebih mudah lagi terbantu dengan keyboard komputer untuk menulis.

Tidak terlalu mudah memang untuk menghasilkan uang sebagai penghasilan dari internet. Dibutuhkan kerja keras dan mental yang cukup kuat menghadapi yang namanya komputer dan koneksi internet. Serta duduk berjam-jam menghadapi layar untuk mencari sesuatu yang berharga dan bernilai. Mulai membuat sesuatu tadi satu demi satu, bagian demi bagian, menjadi satu kesatuan utuh yang bernilai jual tinggi.

Mulailah dengan berpikir “Out of the box”. Ya keluar dari kebiasaan. Sebab internet selalu suka dengan hal yang baru. Bila kita membaca sejarah berdirinya Google, Facebook, Whatsapp. Semua muncul dari pikiran diluar kebiasaan orang kebanyakan.

Kita memang tidak sepandai pendiri website-website besar itu. Dan kemampuan pemrograman kita tidak memungkinkan sampai setara dengan mereka. Namun bukan berarti kita tidak bisa menghasilkan “sesuatu” yang bisa bernilai jual dan menghasilkan uang.

Pada artikel ini saya belum akan mengajarkan secara spesifik cara cari uang di internet. Pada artikel berikutnya akan saya coba memberikan tutorial dasar dan logika dasar bisnis internet.

Saya ingat 10 tahun yang lalu sewaktu traineer pengembangan diri ternama mengajarkan saya di sebuah kelas.

“Hidup ini adalah Jualan” ….

Ya jualan… Apa yang kita jual. ya kemampuan kita, diri kita, pikiran kita, dan juga barang-barang yang kita punya.

Dengan semua apa yang kita miliki bila laku dan ada yang membeli maka anda akan memiliki uang.

Begitu juga dengan internet. Bisnis internet sama konsepnya dengan inti jual beli. “Jual Barang (toko online) dan Jasa (aktifitas kita di internet) adalah hal utama dalam bisnis di internet. Jasa bisa dalam bentuk yang sangat beragam. Mulai dari menulis berita, tulisan bentuk jualan informasi media yang saat ini lebih dipermudah dengan foto dan video, membuat program komputer (scripting). Jual software dan jasa instalasi.

Dari semua macam di atas apa yang harus dilakukan untuk memulai.  “Belajar”. Apa yang saya butuhkan pertama kali?

Menurut saya anda membutuhkan website sebagai media perkenalan anda atau toko maya anda. Anda bisa mulai dengan www.blogger.com dan wordpress.com. GRATIS !!!

Tujuan anda memiliki website adalah membiasakan dengan panel membuat Judul, Isi dan Keterangan data yang akan anda jual.

Show atau tunjukkan kemampuan, isi, pengetahuan dan “sesuatu yang bernilai” pada website tersebut dibantu dengan menggunakan social komunitas seperti facebook, linkedin, forum-forum pekerja yang sama bidang dan minatnya dengan anda bila anda ingin berjualan jasa anda.

Tidak perlu kuatir dengan bahasa pemrograman, banyak yang jago di internet. Anda dapat menyewa mereka nanti bila anda sudah mendapatkan konsep yang jelas dalam bisnis diinternet. Seperti kita ketahui Modal Uang sering diperlukan dalam pembukaan sebuah usaha. Selai modal pengetahuan dan kemampuan kita.

Kita harus berhitung mau berapa presentasi investasi uang kita dengan berapa investasi pengetahuan dan waktu kita dalam bisnis tersebut.

modal uang

Bila uang kita banyak, anda bisa menjadi pemodal sebuah konsep bisnis. Bila anda pintar dan mampu. anda bisa membuat sendiri dengan modal uang yang minim.

 

 

OK. Open mind. Buka pikiran anda dan mulailah mencari bisnis di internet yang sesuai dengan diri anda. Cara mencari uang di internet terbuka lebar dan masih banyak peluang. Dapat dijadikan sebagai bisnis utama bila kita benar-benar serius.

Tetap terus pada Blog ini…. nantikan Update secepatnya untuk langkah demi langkah memulai bisnis di internet.

Salam…

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *