Sebagai Pakar SEO apa pekerjaan anda sebenarnya

Judulnya ngeselin… ya memang sebab lagi bingung dengan masalah SEO. Untuk yang belom ngerti arti seo menurut saya kira-kira begini artinya. Bila dalam Bahasa inggris berarti “Search Engine Optimizer” maka dalam bahasa indonesia saya terjemahkan bebas. Kira-kira menjadi “Optimasi  Mesin pencari” . Atau Optimal Mesin Pencari. Masih nggak mudeng?

Gini deh SEO itu adalah membuat website kita tampil di mesin-mesin pencari terkenal yang berada di internet dan berusaha masuk dalam daftar sepuluh besar sesuai dengan kata-kata kunci yang kita inginkan. Contoh mesin pencari adalah google, yahoo, MSN ( bing)  dan masih banyak lagi. Biasanya fokus SEO di mesin-mesin pencari besar dan ternama tadi.

Pokoknya.. nggak tahu gimana cara kerjanya tiba-tiba website kita atau blog yang kira miliki muncul saat kita menuliskan kata-kata kunci. Misalkan kita mengetikkan kata “rumah” pada mesin pencari www.google.com maka akan muncul beberapa website yang berada di urutan sepuluh besar.  Dan inilah kerjaannya para Pakar SEO itu. Membuat website yang mereka optimasi berada di urutan 10 besar tadi. Logika sederhananya. Bila blog/website yang kita miliki berada di sepuluh besar ada kemungkinan di klik orang yang memang mencari informasi tentang rumah tadi. Sehingga website/blog tadi dilihat dan dibaca orang yang mengetikkan kata kunci “rumah” tadi.

Kerjaan mengutak-utik kata dan frase adalah kerjaan para internet marketing yang ingin menjual produk mereka. Di bantu para pakar seo tentunya.  Sebuah website yang baik biasanya memiliki beberapa target kata kunci. Misalkan ingin menjual Ipod tentu mereka memasang target pada kata-kata ipod tersebut beserta turunan frasenya, seperti ipod mini, apple ipod, ipod touch dan lainya yang berhubungan dengan ipod.

Perlu di ingat! Saya bukan pakar seo. Masih belajar dan masih pusing dan nggak dong-dong… hehe…

Kenapa judul di atas yang saya tulis… sebab saya search kata “Pakar SEO“, “ahli seo” dan kata lain yang intinya mengklaim dirinya jago soal seo. Muncul domain-domain (nama website) yang bertema seo. Dan juga  Kontest kontest yang bertema seo. Sampai-sampai banyak yang pakai domain dengan nama pribadi di bubuhi kata pakarseo di belakangnya menjadi  XXXX-pakarseo.com

hehehe….  ada banyak kontest, seperti Wisata SEO Sadau, Kontes SEO Aristia Wida Rukmi, Kontest pemilu dan kontest-kontest lainnya. Ada seribu macam teknik seo, mau ikut yang mana terserah dan buktikan saja sendiri.

Jadi Kesimpulannya Pakar SEO itu kerjaannya apa. Ya nggak tahu…. entah spamming (ngirim link sebanyak2nya lewat email, group, forum, blog dll) entah buat program tertentu, ngelink sebanyak-banyaknya berdasar kata kunci atau update setiap hari website/blog.

Yang saya tahu… Bila anda membayar sebuah service tentang seo yang jelas seharusnya website anda dikunjungi oleh banyak orang dan melakukan pembelian produk yang anda targetkan. Kenapa saya berkata seperti ini. Sebab saya mengalami kejadian begitu banyak traffic, banyak orang mengunjungi blog/ website yang dimiliki namun penjualan nol besar. Dan tidak ada profit benefit di sana. Sedangkan jasa seo sudah dibayar dengan cukup mahal perbulannya.

So… hayo siapa yang mau jadi pakar seo untuk kata ini “penjualan meningkat dengan seo“.

Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *