Cari uang dan Bisnis di internet itu susah dan rumit

Ah masa, Ya iyalah… masa ya iya dong…
Hehe.. Kalau membaca judul artikel ini orang pasti banyak yang mendebat. Terutama pada internet marketer. Mereka selalu bilang, bahwa mencari uang di internet itu mudah, murah, meriah dan cepat dapat uang. Namun kenyataannya?
Anda akan tahu bila sudah mencoba untuk terjun di dunia marketing maya ini. Sebab mudah atau gampang serta susah atau rumit adalah relative. Secara pribadi saya akan berkata bahwa “Bisnis di internet dan mencari uang di internet itu susah dan rumit”.
Bukan bermaksud menakut-nakuti. Tetapi itulah kenyataan yang saya alami. Dan kesimpulan saya ternyata memang demikian adanya. Tentu ada alasannya mengapa saya berkata demikian. Antara lain:

1.    Seorang pemula harus meluangkan waktu untuk belajar menggunakan computer dan internet dengan benar. Bayangkan bila anda belajar dari nol. Tidak mengerti apapun tentang computer. Pelajaran dimulai dari memencet tombol ON/OFF untuk menyalakan computer. Kira-kira berapa lama anda menggunakan aplikasi Microsoft yang user friendly. Satu hari, tiga hari, satu minggu, mungkin lebih.
2.    Untuk menggunakan internet dengan benar juga harus di pelajari. Pertama tentang koneksi internet. Tentu harus modal, bayar pulsa, dan menggunakan modem. Dan yang terpenting harus tahu bahwa computer tersebut terkoneksi dengan internet. Setelah itu harus belajar menggunakan browser. Seperti Firefox, internet explorer, safari , google crom dll. Ada sedikit sentilan. Ah masa begitu saja tidak bisa. Percaya atau tidak. Ada seorang yang saya temui bisa berfacebookan ria tapi pusing begitu melihat browser. Maklum.. mereka biasa main facebook yang tinggal satu klik langsung menuju login panel dari Black Berry, atau handphone mereka. Jadi mereka tidak pernah menggunakan browser di computer.
3.    Bila ingin menjadi internet marketer yang professional. Harus belajar tentang pembayaran online. Harus tahu apa itu internet banking, Harus bisa menggunakan ATM. (banyak loh yang tidak bisa pakai ATM)
4.    Keharusan seorang pebisnis di internet adalah kemampuan berbahasa inggris. Minimal passive dan tahu menggunakan Kamus English Indonesia.
5.    Seorang Online worker, begitu kira-kira istilahnya harus punya ingatan yang baik. Terutama untuk mengingat password email. Terutama account banking, agar tidak di curi para hacker.. hehe… Kenapa, sebab tidak ada tempat aman untuk menaruh password kecuali di otak kita sendiri.
6.    Jika serius benar-benar ingin mendapatkan uang dari internet. Seorang pemula harus betah duduk dibelakang computer untuk memandangi dan membaca tulisan, gambar, video yang tampil di layar. Dari pengalaman, banyak yang gagal karena tidak betah duduk di belakang computer.

7.    Seorang Internet marketing yang handal harus memiliki mental yang baja. Terutama saat kehilangan uang karena di curi, tidak dibayar padahal susah capek-capek kerja, Kehilangan uang saat beli produk, tapi produk tidak sampai.

Rumit kan? Ya demikianlah adanya. Masih banyak kerumitan yang lain saat anda berbisnis di internet. Bila anda sudah lolos dari kerumitan yang terpapar diatas. Anda belum selesai sampai di situ. Istilahnya belum lulus sekolahnya. Seperti kita tahu. Banyak yang sudah lulus sekolah. Bahkan sampai perguruan tinggi tidak bisa mendapatkan pekerjaan dan tentu tidak bisa menghasilkan uang. Padahal mereka sudah meluangkan waktu 3 sampai 5 tahun bahkan lebih untuk belajar. Tetap saja tidak bisa cari uang.
Anda bayangkan… Bila belajar internet marketing… ingin cepat dapat uang berjuta-juta. Berdollar-dollar. Dan ingin menjadi professional dalam waktu singkat. Saya kira tidak semudah itu.
Akan mudah bila anda sudah memiliki pengetahuan sebelumnya. Minimal bisa berbahasa Indonesia dengan baik, dapat membaca dan menulis serta menggunakan keybord computer plus bahasa inggris. Dan telah memiliki pengetahuan matematika yang cukup untuk menghitung uang dan laba.
Sekali lagi. Computer adalah HIGH Technology. Jadi ya orang-orang yang bisa menggunakannya tentu lumayan high lah pengetahuannya.
Semoga bermanfaat, Bila ingin mulai bisnis di internet saran saya. Rajin-rajinlah belajar dan membaca. Coba cari di search engine dengan kata-kata “work from home, intenet marketing, make money” , Cari uang di internet, bisnis di internet dan kata-kata lainnya yang berhubungan dengan bisnis internet.

Baca dan baca. Do it and Action.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *